.panel-heading{ margin: 150px; }

Map Dayah

Tentang Dayah

Dayah adalah lembaga pendidikan Islam tertua yang terdapat di Aceh, setara dengan pesantren di Jawa dan surau di Minangkabau, memiliki posisi yang sangat penting dalam kehidupan sosial keagamaan dan budaya masyarakat Aceh sebagai Serambi Mekkah. Nama dayah sendiri diambil dari Bahasa Arab: zawiyah. Istilah zawiyah, secara literal bermakna sudut, karena pengajian pada masa Rasulullah dilakukan di sudut-sudut masjid. Pada abad pertengahan, kata zawiyah dipahami sebagai pusat agama dan kehidupan sufi yang kebiasaannya menghabiskan waktu di perantauan. Kadang-kadang lembaga ini dibangun menjadi sekolah agama dan pada waktu-waktu tertentu juga dijadikan sebagai pondok bagi para pencari ilmu-ilmu agama.


Sejarah dan Perkembangan Dayah

Menurut ensiklopedi agama Islam, tercatat bahwa dayah tertua di Aceh adalah dayah Cot Kala yang sudah berdiri sejak abad ketiga hijriah (sekitar tahun 800 M). Dayah tersebut menjadi pusat pendidikan Islam pertama di Asia Tenggara dengan tenaga-tenaga pengajar yang didatangkan dari Arab, Persia, dan India. Peranan dayah sebagai pusat lembaga pendidikan Islam mencapai puncaknya pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda. Pada masa itu berdiri dayah manyang (setara perguruan tinggi) yang berpusat di Masjid Baiturrahman, Banda Aceh, dan memiliki tak kurang dari 44 guru besar yang sebagian berasal dari Persia dan India


Jenis Dayah

Secara garis besar bentuk pendidikan dayah dibagi atas tiga macam yaitu :

1. Dayah Salafiah, dayah yang masih mempertahankan system salafiahnya, baik kurikulum maupun system pengajarannya. Dayah ini mengajarkan ilmu-ilmu agama Islam dari kitab-kitab kuning berdasarkan mazhab tertentu.

2. Dayah Terpadu, dayah yang memadukan kurikulum salafiah dan kurikulum umum di bawah binaan Kementerian Agama dan Dinas Pendidikan Nasional serta tidak menghilangkan kurikulum lama yang salafiyah.

3. Dayah Modern (pesantren Modern), dayah yang menyelenggarakan pendidikan formal dengan menerapkan kurikulum nasional, baik madrasah (MI, MTs, MA dan PT Agama Islam), maupun sekolah umum (SD, SMP, SMU dan PT umum).